• Home
  • Jaringan Doa Nasional
  • Jaringan Doa Pemuda Nasional
  • Jaringan Doa Anak
  • Jaringan Doa Wanita
  • Jaringan Doa seKota
  • Contact Us
Pemimpin Sejati
Tuesday, 05 March 2013 09:16

Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, ... maka ia menjadi pemimpin mereka. - I Samuel 22:2. Pemimpin sejati bukanlah seseorang yang memerintah orang lain karena kedudukan atau jabatan yang dimilikinya. Banyak orang juga bisa mengendalikan orang lain dengan posisi atau wewenang yang ia miliki. Pemimpin sejati bukanlah mereka yang memiliki pengikut karena memberi imbalan atau janji. Banyak orang mengikuti seorang pemimpin bukan karena pribadi pemimpin tersebut, namun karena tergiur dengan keuntungan yang bisa ia dapatkan. Pemimpin sejati adalah mereka yang berhasil memberikan pengaruh positif, sehingga dengan sukarela banyak orang mengikutinya, bukan karena kedudukan atau imbalan yang akan didapatkan.

Daud mendapatkan banyak pengikut yang setia, berkomitmen dan luar biasa ketika berada dalam pelarian di gua Adulam. Daud memiliki kualitas sebagai pemimpin sejati karena:

  1. Daud tidak mengejar atau memaksa orang-orang untuk mengikutinya, melainkan dengan kesadaran dan kerelaan mereka memberi diri dipimpin oleh Daud.
  2. Daud mendapatkan kesetiaan yang mendalam dari mereka tanpa pernah berusaha mendapatkannya.
  3. Daud berhasil mengubah kehidupan orang-orang yang mengikutinya.
  4. Daud berjuang berdampingan dengan orang-orang ini dan menjadikan mereka pemenang dan orang-orang yang luar biasa.

Latar belakang pengikut-pengikut Daud sangatlah buruk. Mereka berada dalam kesukaran, dikejar tukang piutang, bahkan orang-orang yang sakit hati. (I Sam 22:2) Namun di tangan Daud mereka sekarang menjadi pahlawan-pahlawan yang luar biasa (II Sam 23: 8-39). Isyabal membunuh 800 musuh dalam suatu peperangan. Eleazar mengalahkan musuh sampai tangannya seperti melekat pada pedangnya. Sama mempertahankan tanah seorang diri melawan pasukan musuh dan berhasil menghalaunya. Jika Anda seorang pemimpin, apakah Anda sudah menjadi pemimpin sejati dan bukan sekedar pemimpin karena kedudukan belaka?

Kepemimpinan bukan bicara soal kedudukan, kepemimpinan berbicara soal pengaruh.